bangka-barat-siapkan-pasar-murah-ramadhan-1

Uzur Barat Siapkan Pasar Murah Ramadhan

Pasar murah sebagai salah satu upaya mengendalikan harga bervariasi kebutuhan pokok

REPUBLIKA. CO. ID, MENTOK — Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), menyiapkan kesibukan pasar murah sebagai satu diantara upaya mengendalikan harga bermacam-macam kebutuhan pangan pokok zaman Ramadhan 1442 Hijriah.

“Kami bersama Pemprov Babel sudah menyiapkan kesibukan itu seperti tahun-tahun sebelumnya, rencananya akan digelar dalam seluruh kecamatan di wilayah ini saat Ramadhan, ” kata Kepala Seksi Perniagaan Dalam dan Luar Jati, Dinas Koperasi, UKM & Perindustrian Kabupaten Bangka Barat Seviliana di Mentok, Sabtu (3/4).

Menurut dia, pasar gampang yang digelar di seluruh kecamatan bahkan hingga tingkat desa dinilai efektif di pengendalian harga, terutama dalam saat menjelang hari sundal keagamaan. “Kegiatan ini saya lakukan saat terjadi lonjakan harga di pasaran yang bisa merugikan masyarakat, ” katanya.

Dalam kegiatan itu, pihaknya akan bekerja sama secara Pemprov Babel, Perum Awak Urusan Logistik dan para distributor yang ada di daerah itu dalam logistik berbagai kebutuhan pokok. Era ini, para petugas pada Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Kabupaten Bangka Barat terus melakukan pemantauan nilai dan ketersediaan berbagai bakal kebutuhan pokok di sebanyak gudang.

Selain itu, pihaknya selalu melakukan pemantauan harga pada tingkat distributor hingga pengecer dan jika terjadi lonjakan harga bahan pokok yang tinggi, akan melaporkannya ke Pemerintah Provinsi Bangka Belitung agar bisa segera ditindaklanjuti. “Beberapa hari lalu saya juga sudah melakukan harmonisasi dengan Pemprov Babel buat memastikan rencana kegiatan pasar murah tersebut, ” katanya.

sumber: antara