Sinse Turki Lakukan 40 Operasi di dalam 48 Jam di Suriah

Sinse Turki Lakukan 40 Operasi di dalam 48 Jam di Suriah

Ini merupakan upaya Departemen Kesehatan Turki untuk mengurangi rujukan pasien

REPUBLIKA. CO. ID, ANKARA — Dalam dua hari, dokter Turki mengoperasi 40 penderita, termasuk 21 anak-anak, di Rumah Sakit Al-Ra’i (Coban Bey) dengan dibangun negeri Ottoman itu dan berlokasi di dalam area Berdiam Perisai Efrat di utara Suriah.

Operasi bedah dilakukan oleh sekelompok dokter Turki yang dikirim ke Suriah sebagai bagian dari rencana yang diselenggarakan Kementerian Kesehatan Turki. Program tersebut bertujuan untuk menekan rujukan pasien dari Suriah ke Turki dan melatih personel medis Suriah.

Para dokter Turki, di dua hari, melakukan operasi secara beragam spesialisasi seperti umum, urologi, neurologi, ginekologi, ortopedi, dan aesthetic. Staf medis Suriah berterima berkelakar kepada para dokter Turki tempat “upaya mereka”.

Rumah sakit yang dibangun Turki di kawasan proses anti teror di utara Suriah itu berkapasitas 18 tempat rebah untuk unit perawatan intensif (ICU), lima untuk anak-anak, 18 buat bayi baru lahir, enam dalam unit luka bakar, dan delapan ruang operasi.

Pada 2016, Turki meluncurkan Operation Perisai Eufrat, sebuah operasi anti-teror melintasi perbatasannya di utara Suriah, untuk mencegah pembentukan koridor teror dan memungkinkan penyelesaian damai penduduk Suriah.

* Mohammed Ragawy berkontribusi pada masukan ini dari Istanbul

 

sumber: https://www.aa.com.tr/id/dunia/dokter-turki-lakukan-40-operasi-dalam-48-jam-di-suriah/2075197