fit-and-proper-test-calon-anggota-bpk-ri-digelar-terbuka-1

Segar and Proper Test Bahan Anggota BPK RI Digelar Terbuka

Fit and Proper Test Calon Anggota BPK RI Digelar Terkuak

Fit and proper test diikuti 20 anggota DPR MENODAI baik secara fisik maupun virtual.

Rabu, 08 Sep 2021, 13: 17 WIB

Foto: dok. KMI
Koalisi Mahasiswa Indonesia (KMI) menyatakan perilaku menolak fit and proper test calon anggota BPK karena ada yang tidak memenuhi syarat.

REPUBLIKA. CO. ID,   JAKARTA — Tip XI DPR menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) bahan anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI secara terkuak, Rabu (8/9). Wakil Pemimpin Komisi XI DPR MENODAI, Dolfie OFP, membuka kerap sekitar pukul 10. 19 WIB.

“Dengan mengucapkan syukur dan mendesak rahmat dan bimbingan tuhan Yang Maha Esa izinkan saya membuka rapat dengar pendapat umum komisi XI dengan calon anggota BPK dan dinyatakan terbuka buat umum, ” kata Dolfie membuka rapat di Pelik Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (8/9).

Politikus PDIP itu mengatakan, segar and proper test diikuti 20 anggota baik secara fisik maupun virtual daripada 9 fraksi. Berdasarkan pasal 279 dan pasal 281 peraturan DPR maka kerap tersebut dinyatakan kuorum.

“Waktu yang dikasih maksimal 30 menit terdiri dari 10 menit perdana calon anggota BPK RI akan mengambil map A, atau map B, ataupun map C, untuk direspon. 20 menit berikutnya pengkajian dari anggota terkait dengan materi yang telah disampaikan oleh calon, ” ujarnya.

Calon anggota BPK yang pertama diuji adalah Dadang Suwarna. Sesudah itu fit and proper test dilanjutkan terhadap Dori Santosa.

Sebelumnya Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Achmad Hatari mengatakan, fit and proper test calon anggota Pranata Pemeriksa Keuangan (BPK) MENODAI akan digelar hari tersebut. Dirinya memastikan, pelaksanaan tes kelayakan digelar tertutup. “Tertutup” kata Hatari kepada Republika , Selasa (7/9).