presiden-tunisia-hentikan-layanan-lembaga-publik-negara-1

Presiden Tunisia Hentikan Layanan Lembaga Publik Negara

Presiden Tunisia serupa memberlakukan jam malam semasa sebulan

REPUBLIKA. CO. ID,   TUNIS — Presiden Tunisia Kais Saied  menghentikan sementara semua  kegiatan di lembaga-lembaga publik negara selama dua keadaan mulai Selasa (27/7). Pemberlakukan jam malam pun diterapkan selama satu bulan.

Kepresidenan Tunisia mengutarakan dalam sebuah pernyataan kalau Saied melarang orang dan kendaraan dari jalan-jalan lantaran pukul 19. 00 maka 06. 00 waktu setempat. Penerapan itu efektif asi hingga 27 Agustus.

Menurut keputusan presiden, cuma polisi dan tentara yang akan terus beroperasi bagaikan biasa selama 48 tanda ke depan. Pada simpulan pekan, Saied telah menangguhkan kekebalan semua anggota kongres dan memberhentikan pemerintahan Perdana Menteri Hichem Mechichi.

Saied mengklaim bahwa telah mengambil tindakan tepat setelah berkonsultasi secara Mechichi dan Ketua Kongres Rached Ghannouchi. Namun, kongres Tunisia dan Ghannouchi menyingkirkan pernyataan yang mengecam keputusan Saied.

Langkah presiden itu dilakukan menyusul protes yang meletus di beberapa  provinsi Tunisia. Dalam protes itu menuntut pemerintah digulingkan, menuduh pemimpin gagal mengatasi krisis politik, ekonomi, dan kesehatan dengan sedang berlangsung yang mempengaruhi negara itu.