Persaingan Federer-Djokovic di Lapangan Tenis (3)

Persaingan Federer-Djokovic di Lapangan Tenis (3)

Federer dan Djokovic mengenang kembali persaingan dan perseteruan paling berkesan

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA — Penggemar tenis di seluruh dunia akan patah hati karena Federer yang ditargetkan balik berlaga di Australia Open 2021 akan mundur hingga waktu dengan belum bisa ditentukan akibat pemulihan pasca operasi lutut yang mengunyah waktu lebih lama.

Federer mengatakan, pemulihannya dari dua operasi lutut kiri awal tahun 2020 ternyata memakan waktu lebih lama dari yang diharapkan, jadi memunculkan keraguan apakah petenis pokok Swiss itu bisa kembali berduel dengan Djokovic di turnamen Grand Slam awal tahun.

Federer, yang akan genap berumur 40 tahun pada Agustus 2021, belum bermain dalam pertandingan manapun sejak kalah dari Djokovic di semifinal Australia Open 2020 itu di Melbourne Park.

Pemegang 20 gelar tunggal Grand Slam, rekor yang kini disamai petenis Spanyol Rafael Nadal, itu sempat berlatih tanpa rasa kecil pada bulan Oktober dan diharapkan kembali ke lapangan pada Grand Slam pertama tahun ini.

“Saya berharap bisa 100 persen di bulan Oktober. Akan tetapi saya masih belum sampai (ke angka itu) sampai hari ini. Kondisi ini akan ketat untuk ikut di Australia Open, ” kata Federer dalam sebuah keterangan yang dikutip Reuters.

Ia mengatakan, operasi lutut ke-2 sangat membatasi pergerakannya, kendati pada enam bulan terakhir telah terjadi kemajuan yang stabil.

Ia berharap kondisinya bisa positif dalam waktu dua bulan ke depan, didukung dengan melakukan penuh latihan fisio dan fisik.

Federer menaruh harapan gembung agar bisa tampil di Australia Open 2021, namun ia tak menampik potensi gagal tampil akibat masih menjalani masa pemulihan.

Saat menghadiri sebuah urusan penghargaan insan olahraga tertinggi pada negaranya, Federer secara implisit mengatakan bahwa ia akan menerima dengan lapang dada jika seandainya ia harus pensiun karena kondisinya yang tak lagi mendukung.

“Saya berharap masih ada yang bisa dilihat dari penampilanku tahun depan. Tapi jika memang harus sudah, ini akan menjadi akhir dengan istimewa dengan (menerima) penghargaan olahraga ini, ” Federer menuturkan.

sumber: antara