Peristiwa Positif Covid DIY Bertambah 25, Sleman Terbanyak

Peristiwa Positif Covid DIY Bertambah 25, Sleman Terbanyak

Sebesar 7 kasus berasal dari pegawai kesehatan.

REPUBLIKA. CO. ID,

Total Kasus Positif di DIY Sampai 1. 163 Kasus 

YOGYAKARTA — Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 DIY mengadukan adanya tambahan 25 kasus perdana positif pada 21 Agustus 2020. Tambahan kasus baru ini mendaulat total kasus positif di DIY mencapai 1. 163 kasus.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 untuk DIY, Berty Murtiningsih mengucapkan, kasus baru yang dilaporkan itu tertinggi di Sleman sebesar 18 kasus baru positif. Sementara, empat kasus ada di Bantul, besar kasus ada di Kota Yogyakarta dan satu kasus merupakan masyarakat luar DIY.

“Satu kasus yang merupakan warga luar daerah berasal dari Jawa Sedang. Kasus ini ditemukan positif dalam DIY dan memiliki riwayat perjalanan dari Batang, ” kata Berty, Jumat (21/8).

Berty menyebut, distribusi 25 kasus terakhir positif ini terdiri dari tujuh karyawan kesehatan, tujuh kasus dibanding hasil pelacakan kontak dari kejadian positif yang sudah ada sebelumnya. Sementara, lima kasus memiliki tambo perjalanan luar DIY, satu urusan didapat dari screening terhadap masyarakat & lima kasus lainnya masih pada penelusuran.

Selain itu, Berty juga melaporkan adanya 28 kasus positif yang sudah dinyatakan sembuh. Sehingga, kesembuhan kasus pasti di DIY menjadi 793 urusan atau 68 persen. Ada 25 kasus sembuh diantaranya merupakan masyarakat Sleman. Sedangkan, tiga kasus sembuh lainnya tersebar di Kota Yogyakarta, Kulon Progo dan Gunungkidul.

“Tambahan 25 kasus gres positif Covid-19 dan 28 urusan sembuh di DIY ini merupakan pemeriksaan terhadap 276 sampel lantaran 266 orang yang menjalani tes swab Covid-19, ” ujarnya.

Walaupun begitu, kasus positif dengan dinyatakan meninggal dunia bertambah satu kasus pada 21 Agustus itu. Kasus meninggal dunia ini adalah kasus dengan nomor 1. 155 yang berjenis kelamin laki-laki, berumur 53 tahun dan asal Kota Yogyakarta.

“Sehingga, mutlak kasus positif yang dilaporkan meninggal dunia di DIY menjadi 32 kasus, ” tegasnya.