Pelni Alihkan Rute Perjalanan KM Lawit

Pelni Alihkan Rute Perjalanan KM Lawit

Pelni membuka pelayaran menuju Padang, Gunung Sitoli, & Sibolga.

REPUBLIKA. CO. ID,

JAKARTA — PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni mengalihkan rute perjalanan KM Lawit di masa //peak season Natal & Tahun Baru 2020/2021.

Kepala Kesekretariatan Pelni Yahya Kuncoro mengatakan, hal tersebut dilakukan sebab selama periode tersebut Pelni menggelar pelayaran menuju Padang, Gunung Sitoli, dan Sibolga yang dilayani KM Lawit.

“Untuk memaksimalkan pelayanan pelni pada masa Natal dan Tahun Baru 2020/2021, KM Lawit akan dialihkan rute pelayarannya untuk melayani masyarakat yang berada di wilayah Sumatra Barat dan Sumatra Utara di pesisir daksina Sumatra, ” kata Yahya di pernyataan tertulisnya, Ahad (27/12).

Untuk periode Natal & Tahun Baru 2020/2021, dia menuturkan, KM Lawit memiliki rute operasional Tanjung Priok – Pontianak kepala Tanjung Priok – Padang kacau Gunung Sitoli – Sibolga kacau Padang – Tanjung Priok berantakan Pontianak – Semarang – Pontianak – Tanjung Priok. Dia mengatakan, KM Lawit dijadwalkan akan meninggal pada hari ini, Ahad (27/12).  

“Pelayaran menuju Padang akan berlangsung selama 3 hari. KM Lawit dijadwalkan bakal tiba pada 3 Januari 2021, ” kata Yahya.

Saat ini, Pelni mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan menyinggahi 83 pelabuhan serta melayani satu. 100 ruas. Selain angkutan penumpang, Pelni juga melayani 45 jalan kapal perintis yang menjadi instrumen aksesibilitas bagi mobilitas penduduk dalam daerah 3TP di mana pesawat perintis menyinggahi 275 pelabuhan secara 3. 739 ruas.

Pelni juga mengoperasikan sebanyak 20 kapal Rede. Sedangkan pada pelayanan bisnis logistik, Pelni mengoperasikan empat kapal barang, delapan kapal pungutan laut, dan satu kapal istimewa ternak.