Pandemi, Perajin di Denpasar Fokus Memasang Transaksi BRILink

Pandemi, Perajin di Denpasar Fokus Memasang Transaksi BRILink

Rencana BRIlink mampu mendekatkan perbankan ke tengah masyarakat

REPUBLIKA. CO. ID, DENPASAR — Seorang perajin rotan yang juga penyuplai Brilink di Kota Denpasar, Bali, Anwar Yasin Effendi, mengaku fokus melayani transaksi masyarakat melalui “BRILink Anwar Rotan” yang dikelolanya sebagai mata pencaharian utama selama pandemi Covid-19.

“Saya faktual sudah sekitar enam tahun menjelma agen BRILink sambil tetap melahirkan kerajinan rotan. Namun karena Covid-19, sementara produksi kerajinan rotan hamba hentikan dulu, dan sekarang yang menopang kehidupan saya ya dengan menjadi agen BRILink ini, ” ujar Anwar Yasin Effendi pada kawasan Jakan Pulau Bungin, Denpasar, Senin (16/11).

Selama masa pandemi, agen BRILink Anwar Rotan mampu melayani transaksi hingga 4. 500 transaksi setiap bulannya. Dalam sehari, rata-rata ada kira-kira 150 transaksi keuangan masyarakat yang dilayani.

Anwar mengaku, selama ini transaksi yang paling banyak dilayani adalah transfer uang, berbagai jenis pembayaran seperti elektrik, BPJS, top up uang elektronik mengikuti cicilan finance.

“Memang yang menyesatkan banyak transfer uang. Karena kalau masyarakat mengirim uang lewat pemasok BRILink mereka tidak perlu mengantre seperti di Bank. Saya selalu berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan seperti dengan menargetkan satu menit satu transaksi harus selesai, ” kata Anwar.

Ia menjelaskan, capaian selama masa pandemi itu masih tergolong tinggi sekalipun sebenarnya juga mengalami penurunan poin transaksi selama masa pandemi. Sebelumnya, saat normal sebelum Covid-19, Anwar Rotan mampu melayani hingga tujuh. 000 transaksi setiap bulan.

“Selama pandemi ini kami masih bisa memperoleh keuntungan sekitar Rp 7 juta setiap kamar. Sebelum pandemi rata-rata Rp 15 juta per bulan. Pernah pula mencapai puluhan juta dalam utama bulan, ” ungkapnya.

Catatan transaksi tersebut membuat Anwar Rotan menjadi salah satu pemasok BRILink dengan transaksi tertinggi pada BRI Kanwil Denpasar. Pada tahun 2019 lalu, Anwar Rotan serupa dinobatkan sebagai Agen BRILink dengan kategori Transaksi tertinggi peringkat 13 se-Indonesia.

Anwar mengiakan keberhasilan tersebut dapat diraihnya setelah proses yang panjang. Bahkan, sekitar tiga bulan pertama menjadi leveransir BRILink, dirinya sempat melakukan jemput bola dengan menunggu nasabah pada depan mesin anjungan tunai sendiri dengan membawa mesin Electronic Petunjuk Capture (EDC) untuk melayani transaksi secara langsung.

“Di situ selain menawarkan jasa pembicaraan saya juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait apa itu BRILink dan transaksi apa yang sanggup kami layani, ” katanya.

Sementara itu, Pemimpin Wilayah BRI DenpasarIda Bagus K. Subagia menjelaskan agen BRILink merupakan perluasan layanan BRI dimana BRI mewujudkan kerja sama dengan nasabah BRI sebagai agen yang dapat melayani transaksi perbankan bagi masyarakat secara real time online dengan konsep sharing fee.

Menurutnya, program BRIlink berharta mendekatkan perbankan ke tengah umum dengan outlet perbankan yang dikelola pihak ketiga atau masyarakat mirip bank mini yang dapat menjadi sumber penghasilan bagi agennya.

“Hingga saat ini agen BRILink se-Kanwil BRI Denpasar tercatat tersedia 27. 572 dan jumlah Mata-mata BRILink se-Bali sebanyak 10. 702, ” katanya.

sumber: antara