paman-birin-jajaki-jalur-kereta-api-hingga-brunei-1

Pakcik Birin Jajaki Jalur Gerobak Api Hingga Brunei

Jalur gerobak api sepanjang 213 Kilometer dengan nilai investasi Rp 24 triliun rupiah

REPUBLIKA. CO. ID, BANJARBARU–Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor terus bekerja di awal periode kepemimpinan kedua kalinya 2021 porakporanda 2024 bersama H Muhidin. Kali ini ia pantas menjajaki jalur Kereta Api yang akan menghubungkan Kalimantan Selatan hingga ke Brunei Darussalam.

Penjajakan itu dikerjakan bersama para Gubernur Se Kalimantan, Perwakilan Brunei Darussalam dan yang lainya menggunakan Zoom Meeting, di Command Center, Banjarbaru, Jum’at malam (3/9) tadi.

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengatakan, Negeri Provinsi Kalimantan Selatan tetap berupaya memberikan pelayanan pemindahan terbaik baik masyarakat. Salah satunya adalah mengupayakan eksistensi kereta api di banua bahkan di Pulau Kalimantan.

Menurut Paman Birin,   masyarakat sudah sangat merindukan kehadiran andong api.     Di sisi asing kehadiran kereta api pada banua akan memberikan hasil positif bagi perekonomian khususnya dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat yang menurun kelanjutan terdampak Covid-19.   Disampaikannya, perlu cara dan kerja keras dibanding semua pihak agar haluan ini bisa terlaksana segera dengan baik.

Sementara itu, Kepala Biro Perhubungan Provinsi Kalimantan Daksina Rusdiansyah mengatakan, pada kesibukan zoom meeting semua kepala daerah menyatakan komitmen membantu pembangunan jalur kereta suluh.

Menurutnya, zoom meeting ini merupakan depan, bakal ada pertemuan-pertemuan kemudian terkait, presentasi jalur, mekanisme investasi dan lainya. Disampaikanya, pembangunan rel kereta elektrik di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), memerlukan anggaran sejumlah Rp. 24 Triliun.    

“Untuk kajian pembangunan kereta sinar sudah selesai dan tersedia di Kementerian Perhubungan, Jalurnya Banjarmasin Tanjung sepanjang 213 Kilometer, nilai investasi diperlukan sebesar 24 triliun rupiah, ini jumlah yang sangat besar, ” ungkap Rusdiansyah kepada tim Biro Adpim Setda Prov Kalsel.