Nabi Ingatkan Semua Pemimpin Diminta Tanggung Jawabnya

Nabi Ingatkan Semua Pemimpin Diminta Tanggung Jawabnya

Semua atasan diingatkan Rasulullah dimintakan pertanggungjawaban.

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA — Rasulullah saw Nabi Muhammad SAW dalam sabdanya mengingatkan bahwa setiap manusia adalah pemimpin dan pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban. Begitu pula agama Agama islam mengajarkan agar manusia menjadi majikan yang baik, adil, jujur, amanah dan bijaksana.

Abdullah bin Umar mengatakan, Rasulullah SAW berkata, “Ketahuilah bahwa setiap lantaran kalian adalah pemimpin dan pada setiap dari kalian akan dimintai pertanggung jawaban atas kepemimpinannya, seorang kepala umat manusia adalah pemimpin untuk mereka dan ia bertanggung tanggungan dengan kepemimpinannya atas mereka. ”

“Seorang laki-laki merupakan pemimpin bagi keluarganya dan dia bertanggung jawab atas mereka, seorang wanita adalah pemimpin bagi sendi suaminya dan anaknya, dan dia bertanggung jawab atas mereka. ”

“Seorang budak adalah pemimpin bagi harta tuannya, dan ia bertanggung jawab atasnya. Oleh karena itu setiap dari kalian adalah kepala yang bertanggung jawab atas kepemimpinannya. ” (HR Abu Dawud).

Nabi Muhammad SAW pada hadis lainnya juga mengingatkan biar manusia tidak meminta dijadikan atasan atau meminta jabatan. Karena tanggung jawab seorang pemimpin di negeri dan akhirat sangat berat.

Abdurrahman bin Samurah berceloteh, Rasulullah SAW bersabda kepadaku, “Wahai Abdurrahman, janganlah kamu meminta kedudukan, sebab jika kamu diberi lembaga karena permintaan maka tanggung jawabnya akan dibebankan kepadamu. Namun bila kamu diangkat tanpa permintaan, maka kamu akan diberi pertolongan. ” (HR Muslim).