Menhub Apresiasi Petugas Jembatan Imbang Losarang Indramayu

REPUBLIKA. CO. ID,   INDRAMAYU — Menteri Perhubungan Budi Susunan Sumadi mengapresiasi kinerja petugas di Jembatan Timbang Losarang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Para petugas sudah membuktikan 50 ribu lebih organ logistik hanya dalam masa empat bulan atau kurun Januari-April 2021.

“Tahun ini, dalam waktu empat kamar yang diperiksa sudah 50 ribu, apa artinya, teman-teman di Losarang ini produktif, ” kata menhub masa meninjau pelaksanaan pemeriksaan organ di Unit Pelaksanaan Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Losarang, Kabupaten Indramayu, Ahad (6/6).

Sifat mengatakan pada 2020, Jembatan Timbang Losarang memeriksa kendaraan sebanyak 63 ribu dengan hasil 36 ribu ditilang karena kelebihan muatan. Sedangkan, pada 2021, lanjutnya, cuma empat bulan, kendaraan yang diperiksa mencapai 50 seperseribu dengan ditilang 20 ribu unit.

Menurut dia, ketika empat bulan selalu mampu memeriksa 50 ribu unit kendaraan, maka di kurun waktu satu tahun bisa mencapai 150 seperseribu dan ini menunjukkan daya tinggi para petugas dengan berada di Losarang. “Jembatan timbang ini adalah fungsi kontrol dari pergerakan kendaraan logistik dari satu tempat ke tempat lain, ” tuturnya.

Ia menambahkan ketika sedang banyak ditemukan kendaraan logistik yang melebihi muatan, oleh sebab itu akan membahayakan pengguna hidup. Selain itu, lanjut Watak, jalan juga akan cepat rusak, sehingga para pengusaha logistik diminta menaati regulasi yang ada, agar mampu meningkatkan keselamatan dan membentengi kualitas jalan lebih lama.

“Kalau mobil itu jumlah angkutannya sesuai, besarnya sesuai, oleh karena itu besar kemungkinan kendaraan mau selamat. Namun, kalau diatas, tingkat keselamatan tidak terjamin, ” katanya.

sumber: Antara