mengobati-orang-penakut-dengan-ayat-alquran-1

Mengobati Orang Penakut dengan Ayat Alquran

IHRAM.CO.ID, JAKARTA — Alquran berisi ajaran-ajaran spiritual yang tidak diragukan lagi kebenarannya. Tidak ada yang tidak agung dalam Alquran. Semua ayat dalam Alquran merupakan ayat-ayat yang penuh keagungan dan surat-surat di dalamnya memiliki banyak keutamaan.

Sebagai contoh, surat al-Isra’ bisa membuat seseorang sembuh dari rasa takut yang berlebihan. Hal ini disampaikan Muhammad Zaairul Haq dalam bukunya yang berjudul Rahasia Keutamaan Surat Alquran terbitan Rene Islam.

Zaairul Haq menjelaskan, salah satu keutamaan mengamalkan surat al-Isra’ adalah untuk mengobati orang penakut, hingga saking takutnya sering kali mengalami imajinasi atau bahkan halusinasi yang merusak.

Dalam kitab Mujarrabat ad-Dairabi al-Kabir telah dijelaskan cara mengobatinya, yaitu sebagai berikut,

Pertama, membaca ayat ke-45 dan 46 dalam surat al-Isra’ sebanyak-banyaknya, yaitu:

وَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآنَ جَعَلْنَا بَيْنَكَ وَبَيْنَ الَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ بِالآخِرَةِ حِجَابًا مَسْتُورًا (45) وَجَعَلْنَا عَلَى قُلُوبِهِمْ أَكِنَّةً أَنْ يَفْقَهُوهُ وَفِي آذَانِهِمْ وَقْرًا وَإِذَا ذَكَرْتَ رَبَّكَ فِي الْقُرْآنِ وَحْدَهُ وَلَّوْا عَلَى أَدْبَارِهِمْ نُفُورًا (46

“Dan apabila kamu membaca Alquran, niscaya Kami adakan antara kamu dan orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat suatu dinding yang tertutup, dan Kami adakan tutupan di atas hati mereka dan sumbatan di telinga mereka agar mereka tidak dapat memahaminya. Dan apabila kamu menyebut Tuhanmu saja dalam Alquran, niscaya mereka berpaling ke belakang karena benci”. (QS al-Isra’ [17]: 45-46).

Kedua, selama mengamalkan, niatkan untuk menghilangkan rasa takut dalam diri orang yang dituju. “Insya Allah dengan cara demikian, si penakut akan hilang rasa takutnya,” katanya.