lansia-75-tahun-hafal-alquran-dengan-mendengar-1

Lansia 75 Tahun Hafal Alquran dengan Mendengar

Muslimah Aljazair tersebut tak bisa membaca maupun menulis sama sekali.

REPUBLIKA. CO. ID,   ALJIR — Seorang wanita lanjut piawai di Aljazair membuktikan sempurna tidak menjadi penghalang baginya untuk bisa menghafalkan segenap ayat Alquran. Ia ialah Hajiya Melisa Haiwani seorang Muslimah Aljazair yang jadi mengkhatamkan hafalan Alqurannya di usia 75 tahun.  

Melisa tinggal dalam Setif sebuah kota dalam timur Aljazair. Sebenarnya Haiwani tak bisa membaca maupun menulis sama sekali. Keberhasilannya menghafal seluruh ayat Alquran dikerjakan dengan cara mendengarkan di setiap potongan-potongan ayat yang dibacakan.  

Seperti dilansir Iqna. ir,   Kamis (8/7), Melisa awalnya pergi ke Masjid Al Sabtayn di kotanya. Ia menemui seorang pengasuh Alquran di masjid itu dan memintanya untuk membimbingnya menghafal Alquran.

Pada awalnya si Guru pun meragukan situasi itu, namun guru Kitab suci alquran itu pun kagum secara kesungguhan Melisa dan kesimpulannya mengajarnya.   Tapi butuh proses dan waktu yang panjang untuk Melisa untuk bisa menghafalkan seluruh Alquran.

Melisa membutuhkan zaman 13 tahun untuk menyelidiki setiap huruf dan kata dalam Alquran, kemudian menghafalnya dengan cara mendengar. Artinya ketika ia memulai buat menghafal Alquran, usianya zaman itu 62 tahun.