Korea Selatan Kirim Pesan Harapan Menggunakan Atraksi Drone

Korea Selatan Kirim Pesan Harapan Menggunakan Atraksi Drone

Atraksi drone sebagai ucapan terima kasih kepada warga Korea.

REPUBLIKA. CO. ID, SEOUL — Lebih dari 300 pesawat tanpa awal atau drone menerangi langit di atas Kota Seoul, Korea Selatan, Jumat (13/11). Kemunculan drone itu merupakan arah sebuah pertunjukan, yang menurut pemerintah dimaksudkan, memberikan kenyamanan dan harapan kepada penduduk setelmpat  yang menghadapi pandemi virus corona.

Perangkat elektronik itu berbaris di tampilan cahaya yang tersinkronisasi membuat gambar multi-warna dari orang-orang dengan memakai topeng. Pertunjukan itu selalu menyuarakan slogan-slogan yang mempromosikan kalender “Kesepakatan Baru Korea” gagasan pemerintah untuk membangun kembali perekonomian negeri.

“Saya berharap pergelaran drone ini menjadi kesempatan menyampaikan kepuasan dan harapan sejenak kepada orang-orang yang mengalami kelelahan (karena) pandemi, ” kata Wakil Menteri Kebijakan Penerbangan Korea Selatan, Kim Sang-do dalam sebuah pernyataan.

Pertunjukan itu dirancang menyampaikan mengecap apresiasi kepada warga atas cara mereka mencegah penyebaran virus corona. Pertunjukan serupa pertama digelar di dalam Juli lalu. Pertunjukan diadakan dalam atas Sungai Han, tanpa pemberitahuan, karena penyelenggara ingin mencegah orang banyak berkumpul.

Kali ini, acara tersebut diumumkan terlebih dahulu, dan diadakan di atas taman yang dibangun untuk menjelma tuan rumah Olimpiade Musim Radang 1988.

Kampanye agresif Korea Selatan untuk mengendalikan pagebluk virus corona mendapat pujian universal. Korea Selatan mampu mengendalikan pandemi tanpa melakukan karantina wilayah dan melindungi perekonomian dari beberapa dampak terburuk dari krisis.

Saat ini, negara itu langsung memerangi kelompok kecil infeksi. Di dalam Jumat (13/11) lalu, tercatat tersedia 191 kasus virus corona terakhir. Mulai hari itu juga, Korea Selatan mengumumkan akan mendenda orang-orang yang tidak memakai masker pada depan umum.