Keadaan Jamu Nasional, Milenial Diajak Minum Jamu

Meningkatkan kepeduluan milenial dengan kontes membuat konten jadi penjual jamu.

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA — Hari Jamu Nasional diperingati setiap tanggal 27 Mei setiap tahunnya. Peringatan ini sudah ke 13 kalinya sejak dicanangkan 2008 lalu oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono zaman itu. Jamu sebagai satu diantara warisan budaya asli Nusantara, sudah semestinya mendapatkan menggubris lebih dari masyarakat, khususnya di Hari Jamu Nasional tahun ini.

Konsumsi jamu masih didominasi oleh kalangan usia senior, dimana saat ini konsumsi jamu oleh masyarakat Nusantara masih kalah dari penggunaan terhadap kopi. Jamu dinilai rasanya pahit, aromanya kurang sedap, dan penyajian yang kurang praktis menjadi dalil mengapa jamu kurang diminati kalangan muda.

Dengan mengusung inti “Saatnya Jamu Kembali Jaya”, Air Mancur sebagai salah satu produsen jamu terbaik dalam Indonesia, memperingati Hari Jamu Nasional dengan melakukan kaum kegiatan melalui aktivitas digital dan kolaborasi dengan gudang jamu, pedagang jamu keliling, hingga café jamu di Jakarta. Hal ini berniat untuk meningkatkan kepedulian serta ajakan untuk mengkonsumsi jamu khususnya di kalangan anak muda.

Air Mancur menggandeng Karen Nijsen sebagai salah kepala selebriti muda untuk meminta anak muda di Indonesia kembali mengenal dan mengkonsumsi jamu. Melalui peringatan Hari Jamu Nasional ini, diharapkan bisa memicu ide-ide baru untuk meningkatkan konsumsi jamu di Indonesia.

“Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Air Mancur di dalam rangka perayaan Hari Jamu Nasional 2021 mengutamakan introduksi jamu baik dari jurusan manfaat untuk kesehatan maka jamu sebagai peluang daya, ” kata Damayanti sebagai Marketing Manager Air Mancur dalam rilisnya, Kamis (1/7).

Kesibukan dimulai dari Talkshow dan Workshop melalui kanal Live Instagram yang merupakan kerjasama antara Air Mancur serta Café Jamune dengan menjemput tema Meracik Jamu Baru ala Café. Selain tersebut, kegiatan lainnya yang dijalankan adalah kontes Instagram #MbokJamuAirMancurChallenge.

Pertandingan Instagram ini mengajak millenial untuk membuat konten gambar cosplay menjadi penjual jamu. Harapannya komunikasi melalui konten daring ini bisa meningkatkan awareness generasi muda mau jamu.

Air Mancur akan terus berkomitmen untuk meningkatkan wawasan & minat masyarakat, terutama generasi muda agar getol mengkonsumsi jamu. Selain untuk meningkatkan kesehatan, sekaligus pula menjaga warisan budaya sah Indonesia.