Kanselir Jerman: UE akan Bahas Turki pada KTT Desember

Kanselir Jerman: UE akan Bahas Turki pada KTT Desember

Kanselir Jerman mengatakan UE bakal menunggu dan melihat perkembangan di Mediterania

 

REPUBLIKA. CO. ID, BERLIN — Para pemimpin Eropa akan membahas periode depan hubungan Uni Eropa (UE) – Turki pada KTT bulan Desember. Hal itu diungkapkan Kanselir Jerman Angela Merkel.

Berbicara pada konferensi pers setelah konferensi video dengan para pemimpin UE, Merkel mengatakan pertemuan itu sebagian tinggi difokuskan pada pembahasan pandemi virus corona dan anggaran UE. Terkait ketegangan baru-baru ini antara Turki dan anggota UE Yunani & Siprus Yunani, Merkel mengatakan mereka ingin melihat perkembangan dalam kurang minggu ke depan sebelum membahas potensi sanksi.

“Kami sebelumnya meluluskan untuk membahas masalah Turki dalam KTT kami berikutnya pada 10 Desember, ” kata Merkel.

“Tentu kita harus mengamati perkembangan sementara ini & mengambil keputusan setelahnya. Tak tersedia pihak yang dapat mengatakan apa-apa tentang hal pada saat ini. ”

Kanselir Jerman mengatakan bahwa perkembangan terbaru tidak seperti apa yang mereka ingin lihat di wilayah itu. Yunani dan Siprus Yunani memajukan sanksi terhadap Turki atas sengketa maritim di Mediterania Timur, namun mayoritas anggota UE sejauh ini enggan untuk mengambil tindakan tersebut.

Turki, dengan memiliki garis pantai kontinental terpanjang di kawasan itu, menolak permintaan batas maritim Yunani dan Siprus Yunani dan menekankan bahwa permintaan yang berlebihan ini melanggar hak kedaulatan Turki dan Siprus Turki. Ankara mengirim beberapa kapal bor dalam beberapa pekan terakhir untuk mengeksplorasi energi, menegaskan haknya sendiri di wilayah tersebut serta benar milik Republik Turki Siprus Melahirkan.

Para majikan Turki telah berulang kali mengatakan bahwa Ankara mendukung penyelesaian seluruh masalah di kawasan itu melalaikan hukum internasional, dialog, dan persetujuan.

sumber: https://www.aa.com.tr/id/dunia/kanselir-jerman-pemimpin-ue-akan-bahas-turki-pada-ktt-desember/2051012