HMI Kritik Pemprov Sumut dalam Tangani Pandemi Covid-19

HMI Kritik Pemprov Sumut dalam Tangani Pandemi Covid-19

HMI mengkritik Pemprov Sumut dalam menggarap pandemi Covid-19.

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA — Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) mengkritik Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) terkait penanganan pandemi Covid-19 alias Corona. Mereka menyebut pemprov ataupun yang terlibat dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 diisi oleh orang-orang amatir.

“Berbagai program, baik itu dalam rangka penanganan maupun pencegahan virus, lebih banyak menghasilkan masalah-masalah baru bagi masyarakat, ” sekapur Ketua Umum Badan Koordinasi (Badko) HMI Alwi Hasbi Silalahi dalam keterangan di Jakarta, Senin (18/5).

Dia mengungkapkan, hal tersebut terlihat saat pelaksanaan Rekan Murah di GOR Pancing Satu (17/5) lalu. Dia mengatakan, himpunan masyarakat yang memadati kegiatan terebut jelas berpotensi menimbulkan masalah gres.

Dia juga mengkritik rencana penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Jaring Pengaman Sosial (JPS) untuk masyarakat yang terdampak Covid-19 yang hingga saat itu belum terlaksana. Dia meminta pemerintah setempat untuk tidak hanya menebar janji tanpa bukti.

Dia mendesak gubernur untuk mengevaluasi seluruh kepala dinas dan penguasa yabg mengisi struktur tim paham Covid-19. Bahkan, menurutnya, anggota dengan tidak benar dalam bekerja bertambah baik dicopot dari jabatannya.