hal-yang-perlu-kamu-tahu-tentang-tahun-baru-islam-1

Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Tahun Baru Agama islam

Tahun baru Islam dimulai sejak hijrah Nabi Muhammad sejak Makkah ke Madinah.

REPUBLIKA. CO. ID,   JAKARTA — Tahun baru Islam atau Tahun Baru Hijriyah menandai dimulainya kalender lunar Muslim. Tahun ini, perayaan satu Muharram jatuh pada minggu kedua Agustus 2021.

Kalender Hijriyah  ini telah diamati semasa lebih dari 1. 440 tahun lalu dan digunakan untuk menentukan tanggal istimewa Islam, termasuk awal Ramadhan atau bulan puasa, Idul Fitri dan dimulainya musim haji.   Dilansir di Aljazirah, Satu (8/8), satu tahun dalam kalender Islam berjalan selama 354 atau 355 hari.

Penanggalannya kira-kira lebih pendek 11 hari dibanding kalender matahari atau kalender Gregorian.   Adapun tanggal dimulainya tahun baru Hijriyah  ditentukan oleh berbagai teknik, termasuk penerapan perhitungan ilmiah dan astronomi atau melakukan latihan penglihatan penampakan bulan resmi.

Metode yang diadopsi berbeda dari satu negeri ke negara lain. Menurut perhitungan Pusat Astronomi, keadaan pertama tahun baru Hijriyah  2021 terjadi Selasa, 10 Agustus di sebagian tumbuh dunia.

Tahun baru Islam dimulai sebab migrasi atau dikenal jadi hijrah Nabi Muhammad dan para sahabatnya dari Makkah ke Madinah pada 622 M. Pindahnya Nabi dikerjakan setelah dia dan saudara berulang kali dianiaya dan diancam.