Departemen Haji Saudi Ingatkan Adanya Kerelaan Umroh Palsu

Departemen Haji Saudi Ingatkan Adanya Kerelaan Umroh Palsu

IHRAM. CO. ID,   MAKKAH — Departemen Urusan Haji dan Umroh Arab Saudi menyita sejumlah izin umroh palsu. Mereka menemukan izin tiruan ini dijual kepada orang Saudi dan ekspatriat.

Al-Watan melaporkan kira-kira pihak yang tidak bertanggungjawab terlibat dalam penerbitan izin palsu buat menipu umat yang merasa pengganggu mendapatkan izin umroh. Sebab, banyak orang yang menunggu selama beberapa pasar atau bulan untuk menunaikan umroh.

Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci menemukan kurang izin yang dibawa oleh jamaah haji palsu dan mereka sudah mengumpulkannya dari beberapa agen. Para peziarah dan pengunjung Dua Langgar Suci bisa mendapatkan izin yang dikeluarkan melalui aplikasi Eatmarna.

Eaatmarna memberikan izin buat melakukan sholat di Dua Masjid Suci dan berziarah ke makam Rasulullah di Masjid Nabawi. Tetapi, sulit untuk mendapatkan izin umroh dan sholat di Rawdah Syarif karena hampir semua izin sudah dikeluarkan selama beberapa pekan.

Dilansir Saudi Gazzette , Jumat (4/12), kementerian memperingatkan warga Saudi dan ekspatriat agar tidak menghubungi individu ataupun lembaga yang mengklaim mereka dapat mengeluarkan izin umroh dan sholat di Rawdah Sharif. Kementerian pula menekankan izin akan dikeluarkan cuma melalui aplikasi Eatmarna.

Sementara itu, departemen kesadaran umum presidensi merilis sebuah buku mungil yang menjelaskan ritual umroh. Tersebut ditulis oleh ulama terkemuka Saudi dan mantan Mufti Agung almarhum Sheikh Abdulaziz Bin Baz. Buklet tersebut dapat dibaca melalui pola barcode.

Direktur Bagian Kesadaran Umum, Sheikh Wuhaib Al-Sulami mengatakan booklet tersebut akan membantu jamaah mengetahui ritual umroh mengikuti melafalkan sejumlah permohonan. Ini juga termasuk beberapa doa pilihan lantaran Alquran, tradisi Rasulullah SAW, beserta tindakan pencegahan dan protokol pencegahan untuk membendung penyebaran virus Covid-19.