bus-yang-beroperasi-saat-larangan-mudik-punya-stempel-unik-1

Bus yang Beroperasi Saat Larangan Mudik Punya Stempel Istimewa

Tidak semua perusahaan otobus (PO) bisa memberikan pelayanan di penumpang.

REPUBLIKA. CO. ID,   JAKARTA — Kepala Terminal Bus Kalideres Revi Zulkarnain mengungkapkan bus yang dapat beroperasi di Terminal Kalideres selama pelarangan mudik Lebaran 6-17 Mei 2021 hendak mempunyai stiker unik.

Bus yang boleh beroperasi mulai besok hanya bus yang memiliki stiker khusus dari Direktorat Jenderal Relasi Darat Kementerian Perhubungan. Revi mengatakan stiker tersebut mempunyai kode bar yang bisa dipindai menggunakan kamera ponsel petugas untuk mengecek keasliannya.

“Kalau dibuka nanti akan keluar datanya, data kendaraan, data perusahaan, dan juga tujuannya. Jadi bisa dipastikan kalau stiker dengan kode bar tersebut tidak dapat dipalsukan, ” kata Revi, Rabu (5/5).

Dengan stiker tersebut, tak semua perusahaan otobus (PO) bisa memberikan pelayanan pada penumpang saat pelarangan mudik berlaku. Hanya bus dengan memiliki stiker yang boleh beroperasi di area Terminal Bus Kalideres mulai Kamis (6/5) besok.

“Untuk jumlahnya, saya invalid pasti ya. Tapi ada sebagian PO Bus dengan memperbantukan 20 persen sejak jumlah armada yang ada (di Terminal Bus Kalideres) untuk layanan tersebut, ” kata Revi.

Menurutnya, saat ini terekam lebih kurang 137 perusahaan otobus melayani perjalanan ke Jawa dan Sumatra daripada Terminal Bus Kalideres. “Tapi dengan adanya pelarangan mudik, mungkin hanya 30 komisi saja yang beroperasi. Karena memang penumpangnya sangat terbatas, ” kata Revi.

sumber: Antara