dampak-maksiat-1

Buah Maksiat

Maksiat memiliki dampak untuk pelakunya.

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA — Dalam kitabnya yang berjudul Ad-Da’ u wa ad- Dawa’ (Terapi Penyakit Hati) , Ibnu Qayyim Al Jauziyah menuliskan, maksiat melemahkan hati & badan Dampak buruk maksiat dengan melemahnya hati merupakan perkara yang tampak dengan jelas, bahkan akan senantiasa memperlemahnya hingga berhasil membasmi cahaya hati secara keseluruhan.

Mengenai pengaruhnya yang melemahkan awak dikarenakan kekuatan seorang Mukmin bersumber dari hati. Bila hatinya kuat, maka badannya juga demikian. Adapun karakter yang berdosa adalah orang yang paling lemah masa dibutuhkan, meskipun memiliki awak yang kuat.

Kekuatan tersebut justru tak hadir pada saat dirinya benar-benar membutuhkan. Perhatikanlah, kekuatan tubuh kaum Persia dan Romawi yang justru melukai diri mereka sendiri pada waktu mereka benar-benar mem-butuhkannya, hingga mereka dikalahkan sebab orang-orang beriman dengan kekuatan hati dan tubuh mereka. menuliskan, maksiat melemahkan kepala dan badan Dampak buruk maksiat dengan melemahnya sebal merupakan perkara yang tampak dengan jelas, bahkan hendak senantiasa memperlemahnya hingga lulus memadamkan cahaya hati secara keseluruhan.

Adapun pengaruhnya yang melemahkan badan dikarenakan kekuatan seorang Mukmin bersumber dari absurd. Jika hatinya kuat, maka badannya juga demikian. Adapun orang yang berdosa merupakan orang yang paling lesu ketika dibutuhkan, meskipun memiliki tubuh yang kuat.

Kekuatan tersebut malah tidak hadir pada masa dirinya benar-benar membutuhkan. Perhatikanlah, kekuatan tubuh kaum Persia dan Romawi yang malah melukai diri mereka tunggal pada waktu mereka betul-betul mem-butuhkannya, hingga mereka ditaklukan oleh orang-orang beriman dengan kekuatan hati dan awak mereka.