Beribu-ribu Pedagang Pasar Surabaya Jalani Vaksinasi Covid-19

REPUBLIKA. CO. ID, SURABAYA — Negeri Kota (Pemkot) Surabaya melalaikan Dinas Kesehatan (Dinkes) langsung melakukan vaksinasi Covid-19 buat pedagang pasar. Vaksinasi dilaksanakan serentak di beberapa pasar yang dikelola PD Rekan Surya.

Di antaranya di Pasar Wonokromo, Pasar Pucang Anom, Pasar Tambahrejo, Pasar Pabean, Pasar Kendangsari, Pasar Dupak Bandarejo, Rekan Balongsari, Pasar Manukan Kulon, Pasar Babaan, Pasar Blauran Baru, dan Pasar Kampung Kupang.

Direktur Teknik dan Usaha PD Pasar Surya Muhibuddin mengatakan, jumlah penyalur yang hari ini mengikuti vaksinasi sebanyak 2. 266 irang. Jumlah ini belum termasuk data pedagang yang sudah divaksin di pasar-pasar sebelumnya.

“Pedagang mengikuti vaksinasi di pasar sesuai secara tempatnya berjualan. Namun tersedia pula penyelenggaraan vaksinasi yang dilakukan di puskesmas atau balai RW, ” prawacana Muhibuddin, Kamis (1/4).

Muhibuddin melanjutkan, terkait lokasi vaksinasi, pihaknya berkoordinasi dengan Dinkes. Sebab, tidak semua pasar memiliki wadah yang longgar untuk vaksinasi. Selain itu, Dinkes selalu meminta lokasi vaksinasi kudu ada akses untuk mobil ambulan.

“Misalnya, kalau Rekan Pucang Anom, Pasar Wonokromo, Pasar Pabean atau Pasar Tambahrejo, vaksinasinya dilaksanakan dalam pasar karena kita memiliki tempat yang cukup dingin, ” ujarnya.

Muhibuddin menjelaskan vaksinasi terhadap pedagang tersebut merupakan hasil sosialisasi dan pedataan. Menurutnya, sebelum digelarnya vaksinasi, PD Pasar Surya melalui unit pasar masing-masing telah melakukan sosialisasi.

Pada sosialisasi itu disampaikan, Pemkot Surabaya melalui Dinkes akan melaksanakan vaksinasi Covid-19. Dibanding sosialisasi dilanjutkan dengan pendataan nama pedagang disertai penyatuan fotokopi KTP dan hasilnya diserahkan ke Dinkes.

“Nama-nama pedagang yang sudah terdata itulah yang diprioritaskan buat divaksin, ” kata dia.