Bagian Logistik Pilkada Dipikul Sembilan Jam

Bagian Logistik Pilkada Dipikul Sembilan Jam

Pengiriman logistik terdesak dipikul karena akses jalan tak bisa dilalui motor.

REPUBLIKA. CO. ID,   GORONTALO – – Logistik Pilkada Serentak 2020 di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, didistribusikan ke daerah terpencil dengan cara dipikul. Pengiriman kotak dan surat suara tersebut terpaksa dilakukan dengan dipikul sebab akses jalan menuju  Kecamatan  Pinogu tak bisa dilalui dengan besar. Untuk sampai ke Kecamatan Pinogu yang  berada paling ujung daksina Provinsi Gorontalo, petugas harus berlaku kaki dengan memikul logistik pilkada selama 8-9 jam.  

Taat Kapolres Bone Bolango,   AKBP Suka Irawanto SIK MSi, pengiriman logistik pilkada ke Kecamatan Pinogu dilakukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang dikawal oleh sembilan personel TNI Polri. Ia mengatakan, transmisi logistik ke kecamatan tersebut merupakan yang terberat dengan jarak sekitar 38 kilimeter menembus hutan belantara di pegunungan.

‘’Untuk mencapai lokasi hanya bisa dilalui dengan motor khusus (trail). Sedangkan untuk membawa barang (logistik) harus dipikul tak bisa terangkat motor trail, ’’ kata tempat kepada Republika. co. id melalui sambungan telepon,     Senin (7/12).

Kecamatan Pinogu terdiri dari lima tempat dengan luas wilayah 20 ribu hektare dan berada di ketinggian kurang lebih 980 di tempat permukaan air laut. Menurut catatan sejarah,   asal orang-orang dalam Gorontalo berawal dari Pinogu, lebih kurang tahun 1. 500. Jadi, mampu disebut Pinogu adalah Gorontalo usang.

Kecamatan ini  berpenduduk sebanyak  2. 010 jiwa dengan jumlah pemilih sebanyak 1. 483 suara. Untuk mengamankan pilkada di kecamatan ini, dikerahkan sebanyak lima personel petugas  pengamanan TPS didukung empat personel Polri dan tiga anggota TNI.

‘’Seluruh logistik sudah tiba di kecamatan ini. Petugas melakukan penjagaan terhadap logistik di lokasi, ’’ ujar Suka Irawanto.    

Sabtu (5/12) Suka Irwanto serta beberaa personil melakukan pengecekan terakhir menjelang pelaksanaan pemungutan suara pada Kecamatan Pinogu. Untuk mencapai letak tersebut, ia  mengendarai sepeda motor trail.

Waktu ganti dengan kendaraan roda dua istimewa itu memakan waktu empat had lima jam. Kondisi hujan mendirikan perjalanan menuju kecamatan tersebut  menemui hambatan. Jalan setapak berubah menjadi kubangan lumpur karena diguyur hujan. ‘’Motor trail saja kesulitan untuk menembus jalan tersebut, ’’ cakap dia.

Kunjungan ke Kecamatan Pinogu dilakukan untuk mengecek kesiapan Panitia Pemungutan Suara (PPS). Ia pun memanfaatkan kegiatan tersebut  untuk bersilaturahmi dengan perangkat desa, kecamatan, petugas  PPS,   dan aktivis masyarakat setempat.

‘’Saya sampaikan agar masyarakat tak terpecah meski beda pilihan dalam pilkada,   tetap menjaga keamanan & ketertiban,   serta mematuhi aturan kesehatan dalam menghadapi pandemi Covid 19, ’’ tutur dia.

Ketua KPU Kabupaten Bone Bolango, Adnan Berahim, mengatakan, distribusi pemasokan sudah selesai dilaksanakan ke suluruh wilayah. Bahkan logistik untuk kawasan terencil seperti Kecamatan  Pinogu sudah samai di lokasi.

‘’Kecamatan  Pinogu adalah salah satu daerah terpencil. Alhamdulillah logistik telah sampai ke lokasi dikawal sebab aparat TNI dan Polri, ’’ ujar dia.