Awak Satu Kampung di Garut mau Jalani Tes Swab

Awak Satu Kampung di Garut mau Jalani Tes Swab

Tes swab massal itu akan dilakukan untuk 1. 000 orang.

REPUBLIKA. CO. ID, GARUT — Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Garut berencana melakukan tes swab massal dalam Kampung Baeud, Desa Samida, Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut. Tes massal itu dilakukan setelah ditemukan delapan kasus positif Covid-19 di wilayah itu.

Camat Selaawi, Ridwan Effendi mengatakan, kasus yang terjadi pada kampung itu mendapat atensi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) dan pemerintah pusat. Rencananya akan dilakukan tes swab massal untuk warga di kampung tersebut.

“Rencananya hari Kamis (11/6) akan ada tes swab massal. Ada atensi khusus dari provinsi dan pusat. Jadi mau dipantau langsung kegiatan itu, ” kata dia saat dihubungi Republika. co. id , Selasa (9/6) suangi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, tes swab massal tersebut akan dilakukan untuk 1. 000 orang. Mereka yang dites swab massal adalah orang yang pernah melakukan kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Saat ini, sekira 549 bapak (KK) di kampung itu sedang menjalani karantina mandiri selama 14 hari sejak 29 Mei 2020. Namun, karena ditemukan kembali peristiwa positif Covid-19, karantina mandiri pada kampung itu akan diperpanjang selama 14 hari setelah masa karantina awal berkahir.

Ridwan mengatakan, selama karantina mandiri, kebutuhan pangan warga dan pakan ternak di kampung akan ditanggung oleh pemerintah setempat. Selama karantina mandiri, warga diminta tetap berada di rumah masing-masing dan tidak diperkenankan keluar kampung.

Tengah ihwal delapan orang yang tentu Covid-19 di kampung itu, lanjut dia, seluruhnya merupakan orang tanpa gejala (OTG). Tidak ada fakta klinis pada delapan orang itu. “Dari delapan orang, satu telah sembuh dan sudah pulang. Rencananya dua orang lagi akan lekas pulang. Sisanya lima masih pembelaan di RSUD, ” kata tempat.