araba-saudi-segera-gelar-turnamen-voli-wanita-pertama-1

Arab Saudi Segera Gelar Turnamen Voli Wanita Pertama

Sebanyak 14 awak akan bermain di bagian kualifikasi di Riyadh, Jeddah, dan Timur.

REPUBLIKA. CO. ID,   RIYADH — Jalan lokal di Arab Saudi menyebut turnamen bola voli wanita pertama Kerajaan akan segera diluncurkan. Turnamen itu disebut akan dilaksanakan di Kamis (5/8).

Sebesar 14  tim disebut bakal bermain di babak kondisi di Riyadh, Jeddah, serta provinsi Timur Arab Saudi. Babak ini berlangsung semasa 17 hari, mulai 5 hingga 21 Agustus.

Dilansir di Al Araby,   Rabu (4/8), dua tim teratas dari masing-masing wilayah akan bertanding di babak play-off bulan depan.   Anggota serikat voli Arab Saudi Hanan Taat Al-Qahtani mengatakan kegiatan ini menandai awal dari fondasi yang kuat untuk gerak. Harapannya, suatu hari akan terbentuk tim nasional wanita cabang olahraga voli.

Peluncuran turnamen tersebut dilakukan setelah beberapa peraturan gender yang dinilai diskriminatif dilonggarkan, termasuk mengizinkan hawa mengemudi.   Adapun tim Judoka Tahani Al-Qahtani wanita Saudi dikalahkan oleh lawannya, Israel, di dalam gelaran Olimpiade Tokyo 2020.

Al-Qahtani sendiri mengatakan dia tidak terseret menanggapi kritik tentang keputusannya menghadapi lawan Israel, menyusul seruan untuk boikot.   Beberapa judoka Arab diketahui menarik diri daripada pertandingan melawan lawan Israel. Hal ini dilakukan menyusul atas dukungan mereka buat perjuangan Palestina.  

https://english.alaraby.co.uk/news/first-all-female-saudi-volleyball-tournament-set-launch