Abu Deras Rendam Tiga Kecamatan dalam Sukabumi

Abu Deras Rendam Tiga Kecamatan dalam Sukabumi

Ketinggian cairan terjadi di beberapa titik secara ketinggian mencapai 80 sentimeter.

REPUBLIKA. CO. ID, SUKABUMI — Hujan deras yang terjadi sejak Minggu siang di Kota Sukabumi, Jawa Barat, menyebabkan sejumlah titik terendam banjir. Diketahui, ketinggian air pada beberapa titik mencapai sekitar 80 sentimeter.

“Dari laporan yang masuk ke kami tersedia tiga kecamatan yang terendam banjir yakni Kecamatan Citamiang, Baros dan Cibeureum, ” kata Kepala Menawan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Wilayah (BPBD) Kota Sukabumi, Zulkarnain, di Sukabumi, Ahad (10/5).

Adapun permukiman warga yang terbenam banjir, yakni Jalan Lio santa mulai tempat pemakaman umum Kerkhof, Kelurahan Gedongpanjang dan Kelurahan Cikondang, Kecamatan Citamang. Kemudian RW 08, 01 dan 02 Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum dan Kampung Penggolongan RT 01/05, Kapung Selagombong, Kelurahan /Kecamatan Baros.

Menurut nya, ketinggian air yang merendam kawasan warga ini bervariasi mulai daripada 40 hingga 80 cm. Banjir ini dipicu hujan deras yang tidak mereda selama beberapa tanda, sehingga debit air yang menggenangi permukiman meningkat ditambah drainase tak berfungsi maksimal atau tersumbat jadinya terjadi banjir.

Had pukul 18. 00 WIB banjir di sejumlah titik mulai mundur dan sebagian warga yang rumahnya terendam mulai membersihkan sisa lumpur. Akibat banjir ini tidak cuma merendam permukiman, tapi beberapa tempat ibadah baik masjid maupun musholatergenangair.

“Kami masih melangsungkan pendataan jumlah rumah yang terendam banjir, tapi tidak ada objek pada bencana ini dan untuk kerugian masih dalam hitungan aparat di lokasi, ” tambahnya.

sumber: Antara